DOKUMEN & PERPUSTAKAAN

BAB III

JENIS PERPUSTAKAAN

 

~microfilm-bielsSemua jenis perpustakaan merupakan bagian dari sistem pendidikan dan informasi masyarakat. Dengan adanya berbagai jenis masyarakat yang harus dilayani oleh perpustakaan, serta sejarah, tujuan, anggota, organisasi, dan kegiatan yang berlainan maka timbullah berbagai jenis perpustakaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya berbagai jenis perpustakaan antara lain :

  • Munculnya berbagai jenis media informasi, seperti media tercetak ( buku, majalah, laporan,surat kabar) dan media elektronik (film, foto, mikrofilm, video)
  • Adanya keperluan informasi yang dibutuhkan berbagai jenis/kelompok pembaca
  • Adanya berbagai spesialisasi subyek
  • Adanya ledakan informasi

Selain berbagai faktor tersebut ada juga beberapa aspek yang mempengaruhi munculnya berbagai jenis perpustakaan, antara lain :

  • Tugas dan fungsi perpustakaan
  • Pemakai atau pengguna perpustakaan
  • Koleksi perpustakaan

Jenis perpustakaan yang timbul dari berbagai aspek dan faktor tersebut yaitu :

  • Perpustakaan Nasional

Perpustakaan nasional merupakan perpustakaan yang paling komprehensif yang melayani keperluan informasi dari penduduk suatu negara. Fungsi utamanya adalah menyimpan semua bahan pustaka yang diterbitkan suatu negara. Masyarakat yang dilayani adalah masyarakat umum, baik masyarakat dalam negeri maupun luar negeri. Tugas pokoknya adalah melaksanakan pengumpulan dan menyimpanan bahan pustaka tertulis, tercetak, dan terekam, baik yang terbit di Indonesia maupun di luar negeri sebagai khasanah kebudayaan bangsa serta melaksanakan pelayanannya untuk kepentingan pembangunan nasional dan kemajuan bangsa.

  • Perpustakaan Internasional

Perpustakaan internasional adalah peprustakaan yang dikelola oleh dua negara atau lebih. Contohnya ialah perpustakaan PBB dan perpustakaan ASEAN.

  • Perpustakaan Umum

Perpustakaan umum mempunyai tugas melayani semua lapisan masyarakat yang memerlukan jasa perpustakaan dan informasi. Ciri-ciri perpustakaan umum adalah terbuka untuk umum, dibiayai oleh dana umum, dan jasa yang diberikan pada hakikatnya bersifat cuma-cuma. Di Indonesia terdapat beberapa jenis perpustakaan umum, lazimnya dibagi menurut pembagian pemerintahan. Maka jenis perpustakaan umum yang ada ialah :
Perpustakaan umum desa, biasa disebut perpustakaan desa. Perpustakaan ini dikelola oleh pemerintah desa dan pelaksanaannya dilakukan oleh Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) bekerjasama dengan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).
Perpustakaan umum kecamatan. Perpustakaan ini dikelola oleh camat beserta perangkat kecamatan. Masyarakat yang dilayani adalah penduduk seluruh kecamatan. Kehadiran perpustakaan ini sebagai alternatif jika penduduk tidak menemukan informasi di perpustakaan desa.
Perpustakaan umum kabupaten/kotamadya. Perpustakaan ini biasanya didirikan dan dikelola oleh pemerintah daerah dan anggarannya dimasukkan dalam APBD.
Perpustakaan daerah. Perpustakaan daerah adalah unit pelaksana teknis dari perpustakaan nasional yang berlokasi di setiap provinsi.
Perpustakaan provinsi, yaitu perpustakaan yang didirikan dan dikelola oleh pemerintah daerah tingkat I (provinsi). Contohnya adalah Perpustakaan Provinsi Sulawesi Utara yang didirikan pada tahun 1972.
Perpustakaan keliling. Perpustakaan keliling merupakan perluasan jasa sebuah perpustakaan umum untuk melayani pemakai yang tidak terjangkau oleh perpustakaan umum tetap (statik). Biasanya dilakukan dengan menggunakan mobil atau perahu.

  • Perpustakaan Perguruan Tinggi

Perpustakaan perguruan tinggi adalah perpustakaan yang terdapat pada perguruan tinggi, badan bawahannya, maupun lembaga yang berafiliasi dengan perguruan tinggi. Masyarakat yang dilayani perpustakaan ini bersifat homogen. Perpustakaan perguruan tinggi bertujuan menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu :

  • Pendidikan dan pengajaran
  • Penelitian
  • Pengabdian pada masyarakat
  • Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan. Masyarakat yang dilayani terbatas dalam lingkungan sekolah masing-masing baik SD, SMP, maupun SMA, yang terdiri dari kepala sekolah, guru, staf administasi, dan siswa. Tujuannya adalah :

  • Pendidikan, yaitu menunjang pendidikan
  • Informasi, membekali siswa dengan keterampilan mencari, mengolah dan mengevaluasi informasi
  • Pengembangan pribadi dan watak
  • Penelitian sederhana dan rekreasi

 

  • Perpustakaan Pribadi

Perpustakaan pribadi adalah perpustakaan yang dibiayai dan dikelola oleh perorangan namun beberapa atau seluruh jasanya terbuka bagi umum.

  • Perpustakaan Khusus

Perpustakaan khusus merupakan perpustakaan yang memiliki koleksi pada subyek-subyek khusus (tertentu). Biasanya dimiliki oleh sebuah departemen, lembaga negara, lembaga penelitian, organisasi massa, industri, maupun perusahaan swasta. Adapun ciri-ciri perpustakaan khusus diantaranya adalah :

  • Memberi informasi pada badan induknya, di mana perpustakaan itu  

      berada (didirikan)

  • Tempatnya di gedung-gedung pusat penelitian, asuransi, agen-agen

      serta badan usaha yang mengarah ke kegiatan bisnis

  • Melayani pemakai khusus pada organisasi induknya
  • Cakupan subyeknya terbatas (khusus)
  • Ukuran perpustakaannya relatif kecil
  • Jumlah koleksinya relatif kecil

 

BAB IV

PERBEDAAN ISTILAH-ISTILAH DALAM PERPUSTAKAAN

 

Dalam dunia perpustakaan banyak istilah yang hampir sama namun berbeda makna. Untuk itu kita perlu mengerti perbedaan makna tersebut agar dapat memahami sistem perpustakaan secara menyeluruh. Kata-kata yang berhubungan dengan perpustakaan tersebut antara lain :

 

  • Pustaka atau buku atau kitab, yaitu kumpulan atau bahan berisi hasil tulisan atau cetakan, dijilid menjadi satu agar mudah dibaca dan sedikitnya berjumlah 48 halaman. Dari kata pustaka terbentuk kata turunan, antara lain perpustakaan, pustakawan, kepustakaan, ilmu perpustakaan, dan kepustakawanan.

 

  • Perpustakaan, secara umum, yaitu kumpulan buku atau bangunan fisik tempat buku dikumpulkan, disusun menurut sistem tertentu untuk kepentingan pemakai.

 

  • Pustakawan, yaitu orang yang bekerja di perpustakaan atau lembaga sejenisnya dan memiliki pendidikan perpustakaan secara formal (minimal D2 dalam bidang perpustakaan, dokumentasi, dan informasi). Menurut Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI), pustakawan adalah orang yang memberikan dan melaksanakan kegiatan perpustakaan dalam usaha pemberian layanan/jasa kepada masyarakat sesuai dengan misi yang diemban oleh badan induknya berdasarkan ilmu perpustakaan, dokumentasi dan informasi yang diperolehnya melalui pendidikan. Sedangkan menurut keputusan bersama Menteri Pendidikan, Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara tahun 1988 yang disusul dengan Surat Keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara, menyatakan bahwa pustakawan adalah mereka yang memperoleh pendidikan minimal D2 ke atas. Dalam hal ini D2 dalam bidang ilmu perpustakaan.

 

  • Kepustakaan yang dalam bahasa Inggris disebut references, bibliography, literature, adalah bahan bacaan cetak maupun rekam yang digunakan untuk menyusun karangan, makalah, artikel, laporan ilmiah dan sejenisnya.
  • Ilmu perpustakaan, yaitu ilmu yang mengkaji hal-hal yang berkaitan dengan perpustakaan, dan cakupannya yang meliputi :
  1. Perpustakaan sebagai suatu institusi, mencakup organisasi perpustakaan, perkembangannya, peranannya dalam masyarakat, dan sumbangan perpustakaan pada umat manusia.
  2. Organisasi koleksi perpustakaan, cara mengolah, menyimpan, dan sistem temu kembalinya (informasi).
  3. Pengawetan/pelestarian koleksi perpustakaan.
  4. Penyebaran informasi dan jasa perpustakaan lain untuk kepentingan masyarakat.
  5. Hal-hal yang berkenaan dengan jasa perpustakaan, seperti berbagai layanan perpustakaan bagi pemakai/anggota.

 

  • Kepustakawanan (librarianship), yaitu hal-hal yang berkaitan dengan pustakawan, seperti profesi kepustakawanan dan penerapan ilmu, misalnya dalam hal pengadaan koleksi, pengolahan, pendayagunaan, dan penyebaran informasi kepada pemakai.

 

Latihan 2:

 

Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas dan tepat!

 

  1. Sebutkan faktor-faktor dan beberapa aspek  yang mempengaruhi timbulnya berbagai jenis perpustakaan!
  2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan:

a. Perpustakaan Nasional

b. Perpustakaan Daerah

c. Perpustakaan Keliling

d. Perputakaan Sekolah

e. Perpustakaan Khusus

  1. Sebutkan ciri-ciri perpustakaan khusus?
  2. Jelaskan istilah-istilah berikut dalam perpustakaan:

a. Pustaka

b. Perpustakaan

c.  Pustakawan

d. Kepustakaan

e. Kepustakawanan

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s