Hidden Paradise 4: Alamere, Halmahera (Maluku Utara) & Tapanuli Tengah (Sumut)

Alamere adalah air terjun, turun dan mengalir langsung ke laut. Di dunia hanya ada beberapa air terjun yang  jatuh langsung ke laut, dua diantaranya ada di negara yang sangat kita cintai, yaitu Indonesia. Dua air terjun tersebut adalah:

1.  Air Terjun Kahatola, Halmahera – Maluku Utara

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Mendengar nama Halmahera, apa yang anda ingat? sebuah tempat di Maluku Utara Yup, benar! Daerah ini ternyata menyimpan keindahan yang tersembunyi. Dahulu Halmahera dikenal dengan banyaknya kerajaan Islam yang berdiri di sana. Penduduk di Halmahera gemar berdagang terutama dalam bidang rempah-rempah. Air Terjun Kahatola berasal dari rembesan air hujan, lho. Tak heran jika Halmahera tumbuh sebagai kerajaan yang kaya raya. Halmahera tidak saja kaya dengan hasil bumi. Kekayaan alam Halmahera juga luar biasa. Dari tambang emas, nikel, hingga gas bumi, semua dimiliki. Keindahan alam Halmahera juga sangat luar bisa. Salah satunya adalah air terjun Kahatola di daerah Loloda yang airnya langsung menggerojok ke laut. Unik, kan! Konon, air terjun ini bukan berasal dari aliran sungai, tetapi dari rembesan air hujan dan embun yang terkumpul di sebuah cekungan di atas tebing, lalu jatuh sebagai air terjun.

2. Air Terjun Pulau Mursala, Tapanuli Tengah – Sumatera Utara

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Pulau Mansalaar atau yang lebih dikenal dengan naman Pulau Mursala merupakan pulau terbesar yang dimiliki oleh Kabupaten Tapanuli Tengah dan sempat membuat produsen film Hollywood terpesona dengan keindahan alamnya untuk mengambil shooting film di pulau ini. Pulau seluas 8.000 hektar ini berjarak sekitar 22,5 km dari Kota Sibolga dan masuk di wilayah Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Propinsi Sumatera Utara. Pulau Mursala ini dikelilingi oleh hamparan pasir pusir yang indah. Selain itu, juga terdapat obyek wisata yang menjadi andalan di Pulau Mursala ini, yaitu Air Terjun Pulau Mursala.

Terjun Pulau Mursala dengan ketinggian sekitar 35 m ini merupakan air terjun yang unik karena aliran air terjun di sini langsung masuk ke laut. Karena letak air terjun ini berada di bagian Pulau Mursala yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia maka aliran air terjun ini langsung masuk ke laut. Aliran Air Terjun Pulau Mursala ini berasal dari aliran sungai terpendek di dunia dengan lebar sekitar 400 m, panjang 700 m dan mengalir melalui batuan granit yang berada di tebing pulau dan meluncur tercurah ke bawah dengan suara gemuruh masuk ke dalam area laut, menciptakan pemandangan yang mempesona.

Selain keunikannya, air terjun ini juga mempunyai legenda tersendiri. Dikisahkan bahwa air terjun ini merupakan tempat bermain seorang permaisuri cantik yang bernama Putri Runduk. Putri Runduk pada masanya terkenal dengan parasnya yang cantik dan tersohor sampai ke luar kerajaan. Selain sebagai tempatnya bermain, aliran air yang berada di atas air terjun ini juga dikisahkan sebagai kolam pemandian sang putri tersebut.

Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s