Mengelola Data/Informasi di Tempat Kerja

your-data-your-wayPengertian Data

Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berwujud suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.

1.      Macam – macam type data

  • Type data integer/oridinal
  • Type data boolean
  • Type data flowating point/real
  • Type data enumerated
  • Type data string & carakter

2.      Ekstensi dari data/file softcopy

a)      3ds Graphic (3D studio)

b)      3fx Efek (corel chart)

c)      3gr data file (window video grabber)

d)     4sw 4dos Swap file

e)      A Library (UNIX)

f)       Act Actor Source code file

A. Pengertian Winrar

Winrar adalah salah satu program yang harus wajib ada di komputer untuk mengepak suatu file agar lebih ringkas dan praktis atau tujuannya sebaliknya mengekstrak files. Winrar sebetulnya fungsinya sama dengan WinZip sebagai alat untuk mengepak suatu file. Istilah Zip lebih populer untuk suatu file yang di packing, misalnya zip-zipan terdapat di master. Selain itu  Winrar  Merupakan sebuah aplikasi yang sering digunakan untuk memadatkan  file, dapat dikompres sehingga menjadi lebih ringan. Selain itu winrar sering digunakan untuk menyedarhanakan banyak file sehingga dapat dapat disatukan menjadi satu file.

B.Fungsi Winrar

Ada banyak fungsi winrar namun biasanya pengguna komputer  sering memanfaatkan winrar untuk melakukan beberapa hal sebagai berikut :

- Memadatkan file jika terdapat banyak file kecil yang akan dikirim  atau di copy ( biasanya lewat e-mail atau flashdisk) dapat memangkas waktu dengan menaruhkan file tersebut dalam bentuk winrar. Sehingga kita tidak repot dengan banyak file kecil-kecil yang akan dikirimkan di – sharina.

- Winrar juga sering digunakan  untuk “mengkerdilkan file. File kita ukurannya diubah menjadi winrar  maka ukurannya akan menjadi lebih ringan atau kecil.

-Lebih membuat file menjadi aman. Dalam winrar terdapat sebuah menu password, sehingga ketika file diubah menjadi winrar kita dapat menggunakan password. Ketika akan membuka file winrar tersebut kita harus memasukan passwordnya. Dengan demikian tidak semua orang dapat membuka file  winrar tersebut. Hanya kita saja yang bisa.

- Membagi atau mencetak file. Jika terdapat sebuah file besar yang akan kita simpan namun space kita terbatas , maka dengan winrar kita dapat  memecah atau membaginya. Misalkan kita memiliki file denga kapasitas 4 giga. Namun media penyimpanan kita cuman 2 giga. Dengan winrar kita dapat memecah menjadi dua bagian file tersebut. Sehingga masing-masing file akan berukuran 2 giga.

-Winrar dapat digunakan mengekstrak  file  atau memecah  paket file winrar. Maksudnya adalah ketika terdapat file yang berekstensi winrar (biasanya file unduhan dari warnet) maka untuk membukanya kita menggunakan winrar dan file tersebut akan di pecah menjadi bagian.

- Winrar juga dapat menghindari file kita dari ancaman virus komputer. Biasanya file yang berekstensi  winrar akan sangat jarang tertular virus komputer. Hai ini akan berbeda dengan file asli yang  tidak dikompres  ke winrar. Seperti file-file aplikasi exe.

Fungsi  lain winrar juga dapat digunakan untuk memecah file yang berekstensi  ZIP, 7Z, ACE, B72, ARJ, BZ2, CAB, G2, ISO, JAR, TAR, UUE, dan Z.

C.WinZip

Aplikasi  serupa yang mirip dengan winrar dan mempunyai fungsi yang hampir serupa adalah Winzip secara keseluruhan mempunyai fungsi serta kegunaan yag jauh berbeda dengan winrar. Namun secara keseluruhan memiliki, para pengguna komputer lebih condong memakai memakai winrar ketimbang Winzip. Meskipun fungsinya sama dengan winrar dirasa lebih nyaman plus menu yang disajikan lebih bervariasi  daripada  Winzip.

TIPS & TRIK MENYIMPAN FILE YANG BAIK DI FOLDER KOMPUTER

Salah satu fungsi utama komputer adalah untuk menyimpan berbagai berkas. dalam menyimpan berkas, ada baiknya Anda mengetahui Trik dan Tips dari saya:

  1. Simpan file pada folder sesuai kategori dan buat sub dan sub-subnya. Misalkan mengelompokkan file sesuai format, ekstensi atau jenis program yang digunakan untuk membukanya.
  2. Simpan file di DATA I (D) atau DATA II (E), jangan di SYSTEM (C) agar lebih aman.
  3. Jika Anda men-download file, atur browser supaya selalu mengonfirmasi setiap Anda akan menyimpan file. Ini untuk menghindari file dari berbagai jenis format bertumpuk menjadi satu dalam satu folder. Bagi pengguna Firefox, klik Alat > Pengaturan > Umum > Unduhan > Selalu tanyakan lokasi penyimpanan berkas (ditandai).
  4. Jika Anda suka tampilan grafis, berikan sentuhan manis pada setiap folder dengan memberikan latar belakang sesuai selera Anda. Lihat Cara Membuat Background Folder Di My Computer. Yang perlu diperhatikan, latar belakang hendaknya diatur dengan warna yang kontras agar tidak menyamarkan keberadaan berkas yang ada.
  5. Jika berkas Anda sangat banyak dan suatu saat Anda lupa di folder mana Anda menyimpannya, lihat Cara Mudah Dan Cepat Menemukan File Di Folder Komputer.
  6. Jika Anda memiliki file rahasia, sembunyikan dengan aman dan dengan cara aman pula. Lihat Mengunci Folder Dengan Notepad (Tanpa Software).
  7. Jika Anda ingin mengganti ikon folder agar Anda lebih mudah mengenalinya, lihat Cara Mengganti Icon Folder Di My Computer Dengan Icon Lucu Dan Keren.
  8. 8.             HAPUS FILE-FILE YANG TIDAK TERPAKAI UNTUK MEMPERBESAR SPASI DI DISKDRIVE ANDA.
  9. Jika Anda ingin membuat dan menyimpan file, Anda harus tahu perbedaan “Simpan” atau “Save” dengan “Simpan sebagai” atau “Save as”. “Simpan” atau “Save”, artinya menyimpan file dengan nama file otomatis di folder yang telah ditetapkan bersama dengan file sejenis lainnya. Sedangkan “Simpan sebagai” atau “Save as”, menyimpan file dengan mengonfirmasi Anda, apakah akan diberi nama ulang atau tidak dan dimana Anda akan menyimpan file-nya.
  10. Proses tindakan terhadap file (Menghapus, memindah dan lainnya) bisa mengakibatkan file terdefragment. Lihat Pentingnya Defragmentasi Pada Komputer Atau Laptop.
  11. Untuk menghindari dari Anda kehilangan file penting, buatlah backup dari file tersebut. Lihat Cara Back Up File Penting Di Komputer.
  12. Jika Anda secara sengaja atau tidak sengaja menghapus file dan ingin mengembalikannya, lihat Cara Mudah Mengembalikan File Terhapus.
  13. Jika Anda ingin menghapus file atau ingin menghapus file yang tidak bisa dihapus dengan cara normal, lihat Cara Aman Menghapus File.

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s